Lele Dumbo Raksasa Tertangkap, Ukurannya Segede Motor

Lele Dumbo Raksasa Tertangkap, Ukurannya Segede Motor

IKAN lele dumbo raksasa hingga kini masih bisa ditemui, kendati statusnya kritis karena marak perburuan. Dikenal dengan nama Lele Mekong.

Masifnya perburuan, membuat ikan ini statusnya Kritis [Critically Endangered/CR]. Menurut IUCN, dulunya ikan ini begitu banyak di sungai wilayah Laos, Vietnam, Thailand, dan Kamboja. Namun kini begitu sulit dilihat.

Ikan ini juga sempat ditangkap sekelompok nelayan Kamboja pada tahun 2015. Tertangkap di dekat Phnom Penh, ikan itu hampir tujuh kaki (2,13 meter) panjangnya dan berat sekitar 90-114 kilogram, kata Zeb Hogan, seorang ahli biologi ikan di University of Nevada, yang memeriksa dan menandai ikan.

Ukuran ikan tersebut memang sangat besar, bahkan lebih besar dari sebuah motor balap.

\"Ukuruan itu tidak begitu besar untuk ikan lele raksasa Mekong, tapi itu masih lebih besar daripada lele yang tertangkap di Amerika Utara selama abad terakhir,\" kata Hogan, yang juga seorang National Geographic Explorer dan pembawa acara Monster Fish Show di Nat Geo WILD.

Seperti namanya, ikan lele raksasa Mekong hidup dalam sistem Sungai Mekong di Asia Tenggara. Mereka ikan air tawar tanpa sisik terbesar di dunia dan disebut \"ikan royal\" di kawasan itu karena ukuran dan pentingnya mereka bagi budaya lokal.

“Tangkapan ini sangat menarik karena menandakan bahwa ikan terancam punah yang sangat langka ini masih ada di sungai dan masih melakukan migrasi bertelur tahunan dengan keluar dari Danau Tonle Sap dan ke Sungai Mekong,\" kata Hogan.

Pada 1800-an, ribuan ikan lele Mekong raksasa ditangkap di sungai setiap tahun. Tapi jumlah mereka telah menurun drastis sebanyak 95 persen karena penangkapan yang berlebihan, polusi, dan perusakan habitat.

Sekarang, kurang dari setengah lusin ikan yang terlihat di seluruh jangkauan mereka dalam setahun. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: